Cara Mengatur dan Menggunakan Wake-On-LAN

Cara Mengatur dan Menggunakan Wake-On-LAN

Apa yang bisa lebih membuat frustasi bagi administrator jaringan daripada ketidakmampuan untuk mengakses komputer saat dibutuhkan? Anda berencana untuk menjalankan tes atau menginstal pembaruan terbaru di desktop orang itu dari tim pemasaran, yang mengirimi Anda tiga pengingat hari ini mengenai masalah dengan komputernya, tetapi kemudian dia mematikannya sebelum meninggalkan kantor untuk rapat di luar. Apa yang akan Anda katakan padanya dan bos Anda besok pagi? Untungnya, teknologi Wake-on-LAN hadir untuk membantu Anda dalam situasi seperti itu dan menyalakan komputer dari jarak jauh saat Anda perlu mengaksesnya.

Apa itu Wake-on-LAN dan bagaimana cara kerjanya?
Wake-on-LAN (juga disebut sebagai WOL dan Wake on LAN) adalah standar jaringan yang diterapkan oleh perangkat keras komputer modern. Ini memungkinkan membangunkan komputer yang terhubung ke jaringan Ethernet dengan mengirimkan paket jaringan khusus kepada mereka. Ini adalah standar untuk perangkat keras modern, dan, dalam banyak kasus, ia bekerja secara independen dari platform perangkat lunak, sejauh Anda memiliki motherboard, kartu jaringan, dan catu daya yang kompatibel, Anda dapat menggunakannya di Windows, Linux, Mac, dan lainnya. platform.

Untuk membangunkan komputer jarak jauh, Anda perlu mengirim apa yang disebut paket ajaib ke sana. Paket ini berisi alamat MAC komputer untuk dapat mengidentifikasi target. Paket ajaib didistribusikan ke semua komputer di jaringan lokal melalui siaran dan diproses oleh komputer yang mendeteksi alamat MAC-nya sendiri dalam paket. Untuk mengaktifkan pengoperasian teknologi ini, komputer tidak boleh dimatikan, karena kartu jaringan dan motherboardnya harus menerima dan memproses paket jaringan. Anda dapat mematikan komputer untuk mengalihkannya ke mode daya rendah dan hanya menjalankan komponen yang diperlukan.

Cara mengatur WOL
Konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak adalah langkah yang diperlukan untuk mengaktifkan operasi Wake-on-LAN di komputer. Pertama-tama, Anda harus masuk ke pengaturan BIOS dan mengaktifkan WOL di sana. Anda dapat merujuk ke dokumentasi motherboard untuk mendapatkan instruksi terperinci tentang itu.

Pada komputer Windows, Anda juga harus membuka properti kartu jaringan di Pengelola Perangkat dan mengaktifkan bangun dengan paket ajaib di sana. Langkah-langkah konfigurasi tertentu dapat bervariasi untuk kartu jaringan yang berbeda, dan memeriksa dokumentasi perangkat keras masuk akal jika Anda memiliki masalah dengan konfigurasi.

Cara memulai Wake-on-LAN
Terlepas dari kenyataan bahwa WOL adalah salah satu operasi jarak jauh yang paling sering digunakan, ada kekurangan dukungan standar dalam sistem operasi. Secara khusus, Windows tidak menyediakan utilitas Wake-on-LAN standar. Namun, ada sejumlah utilitas dari vendor pihak ketiga. Beberapa di antaranya gratis, beberapa komersial, tetapi semuanya dapat diklasifikasikan sebagai utilitas baris perintah atau GUI.

Alat WOL baris perintah mengharuskan Anda memasukkan alamat MAC dan alamat IP komputer jarak jauh. Sebagian besar utilitas GUI mengharuskan Anda memasukkan informasi yang sama melalui antarmuka visual. Alat seperti itu cukup baik jika Anda hanya perlu membangunkan satu komputer yang selalu sama. Anda dapat memeriksa alamat MAC dan IP-nya sekali dan kemudian menjalankan Wake-on-LAN setiap kali dengan parameter yang sama. Namun, alat-alat ini tidak berguna di lingkungan perusahaan Tekaje1 di mana Anda perlu membangunkan komputer yang berbeda atau banyak.

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai